Sabtu, 21 November 2015

Aspek Psikologis dari individu pengguna internet


A. Aspek Psikologis dari Individu Pengguna Internet
Internet seakan merupakan dunia baru dimana kita dapat saling bertemu dengan orang lain, melihat-lihat suatu tempat wisata, atau bahkan bertransaksi dengan pihak lain yang tidak diketahui secara pasti. Hal-hal yang kita temui di internet hanyalah file-file digital yang bisa berupa gambar, foto, teks, maupun animasi yang tersedia di situs dengan alamat tertentu. Orang-orang yang ditemui di internet bisa menyembunyikan identitas aslinya. Tempat pertemuan kita dengan orang lain melalui internet bukanlah tempat yang nyata, melainkan suatu tempat khayal di dunia internet.
Dunia internet berbeda dengan dunia nyata. Hal-hal di internet bersifat virtual/maya sehingga dunia internet kadang disebut sebagai dunia maya atau dunia virtual. Internet juga mempunyai sebutan lain, yaitu dunia cyber. Meskipun virtual, banyak analogi dunia internet yang berlaku di dunia nyata. Banyak manfaat dari dunia virtual itu yang bisa diterapkan di dunia nyata.

B.  Aspek demografis dari individu pengguna internet
1.      Pengaruh Gender
a.         Dampak positif internet
Dilihat dari segi positif nya internet memiliki banyak sekali dampak yang sangat luar biasa hebatnya pada dunia pengetahuan. Para wanita karir maupun ibu rumah tangga kini dapat memiliki banyak sumber dan pedoman serta informasi-informasi untuk dunia kerja maupun keperluan sehari-hari misalnya : informasi untuk pekerjaan ,informasi resep makanan bagi ibu rumah tangga.Selain program didalam dunia kerja, internet juga menawarkan aplikasi berbentuk permainan elektronik yang pada umumnya tidak secara khusus diberi muatan pendidikan formal tertentu. Permainan elektronik tersebut membantu wanita karier untuk menghilangkan kejenuhan dalam berkerja, membuat strategi, membangkitkan semangat kepemimpinan, dan bermain peran (role play).Internet juga bisa menjadi tempat bisnis bagi wanita yaitu dengan online shop dengan begitu wanita bisa mempunyai penghasilan sendiri namun ia tetap bisa dirumah mengurus keluarganya. Internet telah banyak membantu manusia dalam segala aspek kehidupan sehingga internet mempunyai andil penuh dalam kehidupan sosial. Dengan adanya internet apapun dapat kita lakukan baik positif maupun negative.
b.         Dampak negatif internet
                  Kejahatan di dalam dunia maya
                  Pornografi
                  Kekejaman dan Kesadisan
                  Penipuan
                  Penipuan belanja online
                  Perjudian
                  Mengurangi sifat sosial manusia
2.      Usia
Masa anak-anak adalah masa keemasan dimana anak-anak berada dalam masa bermain serta belajar terhadap apa yang belum diketahuinya. Tapi, dimana sekarang perubahan teknologisemakin pesat, banyak anak-anak terutama pada anak yang berusia 5 hingga 12 tahun lebih menyukai bermain dengan teknologi baru seperti playstation, game online, handphone, tablet ataupun ipad.
a.       Dampak positif
            Memudahkan anak mendapatkan informasi dengan lebih cepat.
            Anak dapat mengenal serta menjalin komunikasi dengan  berbagai orang dari belahan dunia.
            Akibat kemajuan teknologi, banyak permainan-permainan kreatif dan menantang yang ternyata banyak disukai oleh anak-anak.
b.         Dampak negatif
            Anak terlalu cepat puas dengan pengetahuan yang didapatnya dari dunia.
            Karena teknologi memberikan banyak kemudahan, tidak sedikit anak-anak tidak sabar dalam menghadapi kelambatan dan kesulitan.
            Selain itu, kemajuan teknologi berdampak pada kurangnya sosialisasi anak pada teman temannya karena lebih menyukai menyendiri dengan permainan teknologinya.



3.      Budaya
Pada masa sekarang, kita semua pasti tahu bahwa kemajuan teknologi terasa begitu sangat pesat. Pesatnya kemajuan ini tentunya membawa banyak perubahan terhadap kebudayaan di Indonesia. Tidak bisa di pungkiri bahwa kemajuan teknologi informasi ini memang harus terjadi di Negara Indonesia ini, agar Negara Indonesia tidak kalah saing dengan Negara lain.
a.         Dampak Positif
            Pertukaran informasi berlangsung sangat cepat.
            Memudahkan pekerjaan manusia.
            Pekerjaan yang dilakukan seseorang menjadi lebih efektif dan efisien.
            Sistem pembelajaran tidak harus tatap muka dengan guru karena dengan kemajuan TIK khusunya Internet kita bisa melakukan V-class. Dan masih banyak yang lainnya.
b.         Dampak negatif
            Masuknya budaya asing yang tidak baik.
            Lupa akan waktu
            Merosotnya nilai moral
Contoh kasus postif dan negatif pada pengguna internet
1.       kasus positif : Contoh kasusnya adalah bisnis online shop yang memanfaatkan kemajuan teknologi dalam bidang ekonomi sehingga dapat memudahkan bisnis tanpa terhambat jarak dan waktu.
2.      Contoh negative : maraknya penipuan yang kerap terjadi, seperti penjualan anak lewat internet, kasus pertemuan di media social seperti facabook yang berujung konflik seperti penculikan.
C.     Pengertian Internet Addiction
Internet Addiction Disorder atau yang lebih sering dikenal kecanduan internet adalah penggunaan secara berlebihan dalam kehidupan sehari-hari. Seseorang yang kecanduan internet terlihat dari banyaknya waktu yang mereka gunakan untuk online atau bermain internet tanpa peduli bahkan lupa dengan aktivitas lainnya bahkan kehidupan sekitar mereka. Gangguan dalam kecanduan internet meliputi pornografi, judi online, game online chatting dan lain-lain.

1.  Jenis-jenis internet Addiction
a.       Cybersexual Addiction
Individu yang sering mengunjungi situs dewasa, melihat hal yang berkaitan dengan seksualitas yang tersaji secara eksplisit dan terlihat dalam pengunduhan dan distribusi gambar-gambar atau file-file khusus orang dewasa.
b.      Cyber-Relationship Addiction
Mengacu pada individu yang senang mencari teman secara online. individu tersebut menjadi kecanduan untuk mengikuti layanan chatroom dan seringkali menjadi terlalu terlibat dalam hubungan pertemanna online atau terikat dengan perselingkuhan virtual
c.       Net Compulsions
Yang termasuk dalam kategori ini adalah : perjudian online, belanja online, dan perdagangan online
d.      Information Overload
Informasi yang tersedia di internet menimbulkan perilaku konfulsif
e.        Computer Addiction
Kecanduan internet yang secara  terus menerus dapat menimbulkan masalah dalam lingkungan kehidupannya.
2. Penyebab kecanduan internet
a.       Mencari kesenangan
b.      Memiliki ambisi yang tinggi
c.       Gagal dalam kehidupan nyata
d.      Intelektualitas tinggi
e.       Kurangnya perhatian dari orang tua
3.   Beberapa bentuk gejala kecanduan Internet atau Internet Addiction Disorder (IAD).
·         kurangnya tidur dan kelelahan,
·         mendapat nilai yang buruk dalam studi,
·         performa kerja yang menurun,
·         lesu dan kurangnya fokus.
·         cenderung kurang terlibat dalam aktivitas dan hubungan sosial, kurang bisa bersosialisasi,
·         berbohong tentang berapa lama waktu yang mereka gunakan untuk online dan juga tentang permasalahan-permasalahan yang mereka tunda karenanya.
·         Kebanyakan dari orang-orang yang kecanduan internet adalah mereka yang mengalami depresi berat, kecemasan.
·         Keasyikan dengan internet dengan tujuan tertentu yang orang lain tidak boleh tahu. Biasanya anak akan merahasiakan saat ditanya orang tua, “Lagi ngapain sih di internet?”
·         Bersikap defensive untuk berlama-lama online. Mereka akan marah jika waktu online-nya dibatasi.
·         Mulai memakai uang jajan atau uang untuk kebutuhan penting lain demi bisa online atau membeli gadget baru.
·         Gagal mengontrol perilaku, termasuk perilaku agresif.
·         Mengalami euphoria setiap kali terlibat pada segala hal yang menyangkut komputer atau aktivitas internet.
·         Tak bisa mengatur waktu online
·         Mengorbankan waktu tidur demi bisa online.
·         Marah saat koneksi internet terputus.
·         Memeriksa email atau pesan online secara kompulsif sepanjang hari.
·         Tetap berusaha online walau sedang waktunya sekolah atau belajar.
·         Lebih senang menghabiskan waktu online ketimbang bersama teman atau keluarga.
·         Tidak tertarik melakukan aktivitas menarik di dunia nyata, lebih senang di depan komputer.
Contoh kasus internet addiction:
 Game online, seperti permainan COC,


Daftar pustaka :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar