Senin, 15 April 2013

TIPS TERPAKSA BELAJAR NGEBUT SEBELUM UJIAN



TIPS TERPAKSA BELAJAR NGEBUT SEBELUM UJIAN


Belajar ngebut untuk ujian harus dihindari sebisa mungkin.tidak mungkin rasanya mendapatkan nilai yang memuaskan jika belajarnya dalam waktu yang sangat singkat.kapasitas otak kan terbatas,tidak mungkin otak menerima begitu banyak informasi dalam kurun waktu yag sangat singkat.
Tapi seandainya kamu termasuk siswa yang bandel untuk menunda-nunda belajar,mungkin kamu harus menghafal hingga malam menjeang ujian.apa yang harus dilakukan dalam kondisi yang sangat singkat itu? Meski tidak menyarankan belajar dengan system kebut semalam, yaaa apa boleh buat. Mari kita lihat tips nya belajar ngebut semalam.

1.      Santaplah makanan yang memberikan kamu suntikan energy untuk belajar.tapi hindari gula berlebihan karena akan membuat kamu sulit untuk berkonsentrasi.
2.      Sebutir apel akan membantu kamu berkonsentrasi lohhh,ketimbang kamu harus meminum secangkir kopi.
3.      Belajarlah yang terang tanpa gangguan,tapi hindari ruangan yang terlalu nyaman,yang bisa membuat kamu mengantuk.
4.      Pertahankan sikap optimis jauh lebih mudah belajar ketika kamu merasa rileks disbanding kamu merasa tertekan.
5.      Jika kamu tidak punya banyak waktu lagi untuk mempersiapkan ujian,jangan ngotot berusaha mempelajari semua hal,kosentrasilah pada topik yang paling penting dan mungkin memberikan kamu nilai tinggi.
6.      Kosentrasilah pada gagasan utama dan pelajarilah rumus –rumus kunci. Lewatkan detail-detail kecuali jika kamu punya waktu yang ekstra.
7.      Tuliskan gagasan/rumus pada selembar kertas dan pelajari berulang-ulang.pengulangan sangat membantu kamu untuk menghafal rumus/gagasan itu.
8.      Garis bawahi poin-poin penting dalam catatan kamu.
9.      Bacalah ringkasan  bab dengan seksama.
10.  Pelajari soal ujian tahun-tahun sebelumnya,lihat lagi  PR dan paper lama.
11.  Jedalah belajar setidaknya selama 5 menit setiap 1 jam sehingga kamu mengistirahatkan otak.
12.  Jika waktu memungkinkan,tidurlah selama 3 jam sebelum ujian,jangan lupa pasang alarm.takut nya kamu keblabasan deh tidurnya.

Selamat mencoba yah teman teman :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar